SELAYANG PANDANG

Tantangan pada masa sekarang ini meniscayakan seseorang mempunyai kualitas ilmu pengetahuan dan moral yang baik. Kualitas ilmu pengetahuan diantaranya didapat dari lembaga pendidikan. Sementara moral yang baik bisa didapat dari materi dan pembinaan pembelajaran agama.

Untuk itulah Pondok Pesantren At-Tawazun hadir, berangkat dari niat untuk meningkatkan kualitas generasi melalui sistem pendidikan dengan mengaksentuasikan pendidikan pada ilmu pengetahuan dan akhlaq yang melahirkan generasi yang tangguh dan istiqomah menghadapi perubahan zaman, mampu bersaing dalam dunia yang sudah mengglobal ini.

Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Pondok Pesantren At-Tawazun mengedepankan keterpaduan dengan mengoptimalkan sisi pengetahuan, sikap dan penampilan (Kognitif, Apektif, dan Psikomotorik) yang bertujuan ilmu amaliah dan beramal ilmiah. Ilmu pengetahuan di Pondok Pesantren At-Tawazun dikemas dengan nuansa keimanan, keislaman dan pengetahuan agama tidak lepas dari konteks kehidupan.

VISI & MISI

Visi

“Terwujudnya Lembaga Pendidikan yang menghasilkan Generasi sebagai Abdullah dan Khalifatullah serta Khairunnas anfa’uhum”

Misi

  1. Mewujudkan Pesantren yang dapat membudayakan disiplin, demokrasi dan Komunikatif antar unsur yang ada di lingkungan Pesantren
  2. Mempertahankan nilai-nilai terdahulu yang baik dan mengambil nilai-nilai baru yang lebih baik
  3. Membentuk generasi Ulama yang Intelek dan Intelek yang Ulama
  4. Membudayakan generasi yang berilmu amaliah dan beramal Ilmiah serta berakhlakul karimah

SEJARAH

Secara historis Pondok Pesantren At-Tawazun lahir sejak pertama kali KH. Musyfiq Amrullah menerima tanah wakaf sebesar 4714 m² oleh wakif bernama H. Uzer Chuzaeri pada tahun 2001, lalu dimulailah peletakan batu pertama dan pembangunan Pondok Pesantren At-Tawazun pada bulan juli 2002 sya’ban 1423 H. kemudian areal tanah wakaf bertambah sekitar 480 m² dari keluarga Alm. Bapak M. Jajadan dan Ibu Siti Rohaeni, dan 3490 m² dari warga kalijati timur. Dan juga ada perluasan tanah wakaf 560 m², 700 m², 336 m², 84 m², dan 280 m² hasil uang wakaf santri. Dengan total jumlah tanh yang dimiliki Pondok pesantren At-Tawazun 10.644 m².

Saat ini Pondok Pondok pesntren At-Tawazun berencana membangun Pesantren At-Tawazun 2 khusus tahfidz yang terletak di desa Sadayu Kec. Kalijati dengan luas tanah sekitar 8900 m² hasil wakaf tanah dari H. Aef Saefurrahman dan kumpulan wakaf masyarakat. Pondok Pesantren At-Tawazun pertama kali membuka lembaga pendidikan MTs At-Tawazun pada tahun 2003 dengan jumlah santri yang mungkin hanya 7 santri, ditambah pengajian salafiyyah malam dari warga sekitar pondok sebanyak 25 santri. Hingga saat ini santri Pondok Pesantren At-Tawazun berjumlah sekitar 700-an dan telah mengeluarkan 10 Angkatan Alumni.

SISTEM PENDIDIKAN

Sesuai dengan namanya At-Tawazun yang artinya adalah “keseimbangan”, Pondok Pesantren At-Tawazun menerapkan tiga sistem pendidikan. Sistem ini dikenal dengan “TRISULA PENDIDIKAN” yaitu dengan memadukan:

  1. Sistem Pendidikan Modern, menggunakan Bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan belajar mengajar dan komunikasi sehari-hari dan juga program Tahfidz Al-Qur’an.
  2. Sistem Penididikan Pondok Pesantren Tradisional (Salafiyyah) dengan mendalami kitab-kitab, baik dengan sorogan (langsung dengan ustadz) atau dengan munaqosah (diskusi) antar santri.
  3. Sistem Pendidikan Nasional, dalam merealisasikan program dan cita-cita pondok pesantren at-tawazun menggunakan kurikulum pemerintah sesuai dengan aturan kemendikbud, kemenag dan komponen tambahan pelajaran kepesantrenan juga ditunjang dengan beberapa keterampilan yang memacu anak didik berprestasi, mandiri serta mengedepankan program unggulan.

Kurikulum yang menjadi ruh sekaligus kekuatan pondok senatiasa direvisi dan diperbaharui, sesuai dengan tuntutan dan perkembangan pendidikan dengan tanpa menapikan nilai-nilai agama serta trasdisi kepesantrenan. Usaha ini mendapatkan sambutan baik dan hangat dari berbagai kalangan masyrakat sehingga banyak yang menitipkan dan mempercayakan pendidikan putra-putrinya di pondok pesantren at-tawazun.