Sesuai dengan namanya At-Tawazun yang artinya adalah “keseimbangan”, Pondok Pesantren At-Tawazun menerapkan tiga sistem pendidikan. Sistem ini dikenal dengan “TRISULA PENDIDIKAN” yaitu dengan memadukan:

  1. Sistem Pendidikan Modern, menggunakan Bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan belajar mengajar dan komunikasi sehari-hari dan juga program Tahfidz Al-Qur’an.
  2. Sistem Penididikan Pondok Pesantren Tradisional (Salafiyyah) dengan mendalami kitab-kitab, baik dengan sorogan (langsung dengan ustadz) atau dengan munaqosah (diskusi) antar santri.
  3. Sistem Pendidikan Nasional, dalam merealisasikan program dan cita-cita pondok pesantren at-tawazun menggunakan kurikulum pemerintah sesuai dengan aturan kemendikbud, kemenag dan komponen tambahan pelajaran kepesantrenan juga ditunjang dengan beberapa keterampilan yang memacu anak didik berprestasi, mandiri serta mengedepankan program unggulan.

Kurikulum yang menjadi ruh sekaligus kekuatan pondok senatiasa direvisi dan diperbaharui, sesuai dengan tuntutan dan perkembangan pendidikan dengan tanpa menapikan nilai-nilai agama serta trasdisi kepesantrenan. Usaha ini mendapatkan sambutan baik dan hangat dari berbagai kalangan masyrakat sehingga banyak yang menitipkan dan mempercayakan pendidikan putra-putrinya di pondok pesantren at-tawazun.